Mohungguli

Ngana pe Teman Bercerita

Astaga! Takut Siswa Nyontek, Sekolah di Kudus Ini Bikin Aturan Konyol

Mencontek, seolah menjadi kebiasaan yang lazim dilakukan oleh pelajar sejak zaman dahulu hingga saat ini. Perilaku tidak jujur seperti ini juga telah lama akrab dilakukan para siswa dari tingkat pendidikan dasar bahkan hingga perguruan tinggi. Kisah unik tentang contek-mencontek datang dari sebuah sekolah di Kudus, Jawa Tengah. Alih-alih mencontek, sekolah ini malah menerapkan peraturan yang tidak biasa agar para siswanya tidak dapat mencontek saat ujian.

Sumber : facebook.com / MTs TBS SAINS Community – MTSC
Pada unggahan dalam fan page nya di Facebook dengan nama “MTs TBS SAINS Community – MTSC”, tampak para siswa seperti sedang mengerjakan ujian. Namun, uniknya, para siswa tersebut terlihat menutupi wajah mereka dengan selembar kertas yang diselipkan pada peci. Dalam gambar itu, para siswa tidak terlihat risih dengan kertas yang menutupi wajah mereka, bahkan mereka tampak tenang dan fokus dalam mengerjakan soal.
Sumber : facebook.com / MTs TBS SAINS Community – MTSC
Tak lupa di papan tulis juga guru menuliskan “JUJUR, DISIPLIN & IKHLAS ADALAH KUNCI KESUKSESAN”. Sontak, postingan dengan maksud dan tujuan yang baik namun nyeleneh ini menuai berbagai tanggapan dari para pengguna media sosial lainnya. Ada yang berkomentar menggunakan postingan sebuah foto dan menyamakan peraturan ini dengan yang ada di negara tetangga. Ada pula yang mengatakan bahwa semakin tinggi kelas seharusnya siswa semakin paham kalau berbuat curang itu dosa.
Sumber : facebook.com / MTs TBS SAINS Community – MTSC
Demi memutus rantai budaya dan kebiasaan mencontek, sekolah ini mencoba untuk menerapkan peraturan yang berbeda kepada siswanya dalam mengerjakan ujian. Dengan diterapkannya peraturan seperti ini, diharapkan para siswa mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka dan belajar untuk bisa merasa puas dengan hasil pekerjaan mereka sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *